Biznet Gio Terpilih jadi Penyedia Bare Metal Cloud Paling Aman di Indonesia

Biznet Gio Terpilih jadi Penyedia Bare Metal Cloud Paling Aman di Indonesia
Biznet Gio. Foto dok Biznet

jpnn.com, JAKARTA - Layanan bare metal server dari Biznet Gio, NEO Metal terpilih sebagai bare metal paling aman dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya.

Analisis ini dilakukan oleh Cisometric, perusahaan konsultan keamanan siber pada 2023, yang menganalisis praktik keamanan dari beberapa penyedia layanan bare metal server di Indonesia.

Berbeda dari layanan komputasi awan pada umumnya yang menawarkan layanan server virtual, layanan bare metal merupakan layanan server fisik siap pakai, di mana pelanggan memiliki kendali penuh terhadap sumber daya komputasi, seperti CPU, RAM, dan storage secara terdedikasi dari keseluruhan server fisik.

Pelanggan bare metal bisa mendulang performa komputasi bare metal server secara maksimal, termasuk mengaplikasikan jenis virtualisasi dan sistem operasi secara bebas dengan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi.

Sifat bare metal yang single-tenant ini akan menghilangkan risiko gangguan akibat aktivitas pelanggan lain, jika dibandingkan dengan layanan cloud pada umumnya yang bersifat multi-tenant.

Selain pelanggan bisa secara bebas menentukan atau mengonfigurasi lapisan keamanan pada server, penyedia layanan bare metal perlu memastikan mesin server yang disediakan aman secara bawaan.

Kredibilitas keamanan yang tinggi di sisi infrastruktur tentunya akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap sistem bisnis pelanggan yang ditempatkan pada mesin bare metal tersebut.

Penilaian untuk layanan bare metal server ini mencakup berbagai aspek krusial, mulai dari rancangan struktur jaringan, sertifikasi keamanan, isolasi platform manajemen, sistem operasi bawaan, metode akses, hingga cara komunikasi dengan pelanggan.

Biznet Gio dapat menjadi pelopor dalam menghadirkan layanan bare metal dengan teknologi komputasi terdepan serta fokus pada aspek keamanan yang juga diterapkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News