JPNN.com

BKN Pastikan Peserta CPNS 2019 Positif COVID-19 Tidak Digugurkan

Rabu, 05 Agustus 2020 – 16:12 WIB
BKN Pastikan Peserta CPNS 2019 Positif COVID-19 Tidak Digugurkan - JPNN.com
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat konpers virtual. Foto: tangkapan layar zoom/mesya

jpnn.com, JAKARTA - Para peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 yang reaktif dan positif COVID-19 tidak serta merta digugurkan. Mereka masih diberikan kesempatan untuk ikut SKB susulan.

"Dalam SKB CPNS 2019, masalah peserta yang reaktif maupun positif COVID-19 apakah digugurkan atau tidak menjadi perdebatan di Panselnas. Keputusannya tidak ada yang digugurkan," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suhamern dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8).

Dia menyebutkan, para peserta SKB CPNS 2019 yang suhu badannya lebih dari 37,3 derajat akan dicek sebanyak dua kali dengan interval waktu 10 menit.

Bila dalam dua kali pengecekan suhunya masih lebih dari 37,3 derajat, peserta diberikan kesempatan ikut tes tetapi di ruang tersendiri.

"Yang bersangkutan juga diawasi oleh petugas yang mengenakan APD (alat perlindungan diri) lengkap," ujarnya.

Sedangkan untuk peserta yang reaktif dan dinyatakan positif COVID-19, panitia seleksi nasional (Panselnas) masih memberikan waktu untuk tes. Dengan catatan mendapatkan rekomendasi dari petugas medis.

Panselnas, lanjutnya, tidak akan menggugurkan peserta SKB CPNS 2019 yang posisi COVID-19 karena pertimbangan kesempatan ikut tes ini hanya satu kali.

"SKB CPNS 2019 ini hanya bisa diikuti satu kali. Berbeda dengan UTBK (ujian tulis berbasis komputer), masih bisa ikut tahun depan. Kalau SKB kesempatannya hanya satu kali ini makanya tidak ada yang kami gugurkan. Apalagi yang kena COVID-19 ini kan bukan mereka yang minta," tandasnya. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia