BKN Siapkan SOP Seleksi CPNS

BKN Siapkan SOP Seleksi CPNS
BKN Siapkan SOP Seleksi CPNS

jpnn.com - JAKARTA--Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyusun dan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penerimaan CPNS jalur umum tahun ini. Hal ini menurut Kepala BKN Eko Sutrisno perlu dilakukan dengan cermat dan sistematis, agar proses seleksi berlangsung dengan baik.

"Instansi pemerintah yang meminta BKN memfasilitasi penggunakan computer assisted test (CAT) untuk Tes Kompetensi Dasar, agar mengirimkan surat permintaan yang ditujukan kepada Kepala BKN dengan tembusan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Eko Sutrisno di Kantor BKN, Jumat (23/8).

Adapun instansi pemerintah yang menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk Tes Kompetensi Dasar, lanjutnya, agar mengirimkan surat permintaan yang ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan tembusan kepada kepala BKN.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Inka Yulina Setiawati menjelaskan bahwa berdasarkan jadwal yang ditentukan MenPAN-RB, tes penerimaan CPNS bagi tenaga honorer K2 dan jalur umum yang menggunakan LJK serentak dilaksanakan pada 3 November 2013. Adapun TKD bagi pelamar umum yang memanfaatkan CAT BKN dimulai pada 29 September 2013.

Sementara, Deputi Kindang S.Kuspriyomurdono menjelaskan masyarakat perlu memahami bahwa keberhasilan proses penerimaan CPNS secara transparan, obyektif, dan kredibel tidak semata menjadi tanggung jawab BKN. Ada yang menjadi porsi dan tanggung jawab instansi lainnya. BPPT, misalnya, merupakan instansi yang berwenang memeriksa hasil tes dengan LJK secara nasional.

”Untuk itu, perlu sinkronisasi tugas, koordinasi, dan sinergi antar instansi terkait,”tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyusun dan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk penerimaan CPNS jalur umum tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News