BKSDA Jakarta, YKAN dan Dow Indonesia Lakukan Restorasi Mangrove di Muara Angke

BKSDA Jakarta, YKAN dan Dow Indonesia Lakukan Restorasi Mangrove di Muara Angke
Hutan Mangrove (KRM). Foto: ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - BKSDA Jakarta bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan Dow Indonesia menggelar acara penyadartahuan dengan tema “Mangrove for Jakarta – Restoring Mangrove, Protecting Jakarta”, pada 13 Juli 2023 di Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke, Jakarta Utara.

Dow Indonesia turut mengumumkan komitmennya dalam mendukung upaya pelestarian mangrove seluas 125 meter persegi di SM Muara Angke.

Hal ini ditandai dengan penanaman 50 bibit mangrove secara simbolis oleh manajemen dan karyawan Dow, serta diskusi interaktif, penanaman mangrove, pembersihan tumbuhan invasif, dan pembibitan mangrove.

“Kawasan SM Muara Angke yang memiliki luas 25,02 hektare merupakan suaka margasatwa terkecil di Indonesia. Namun, bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, SM Muara Angke menjadi kawasan penting penyangga kehidupan. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi 9 spesies mangrove sejati. Selain itu, tempat ini juga habitat bagi aneka fauna seperti buaya air asin, kadal, monyet ekor panjang, ular, serta burung,” jelas Kepala BKSDA Jakarta Agus Arianto.

Sejak 2018, BKSDA Jakarta bekerja sama dengan YKAN dalam inisiatif Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA) untuk melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove di SM Muara Angke.

Proses restorasi di SM Muara Angke meliputi instalasi penghalang sampah di pinggir Sungai Angke, pengendalian tumbuhan invasif, perbaikan hidrologi, hingga penimbunan substrat di area dengan genangan tinggi dan penanaman.

Upaya ini untuk mendukung penguatan fungsi SM Muara Angke sebagai pusat edukasi dan restorasi ekosistem mangrove di Jakarta.

Pelestarian ekosistem mangrove memerlukan dukungan semua pihak, termasuk swasta.

Sejak 2018, BKSDA Jakarta bekerja sama dengan YKAN dalam inisiatif Mangrove Ecosystem Restoration Alliance untuk melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News