Blangko e-KTP Dicetak, Prioritas DKI Jakarta

Blangko e-KTP Dicetak, Prioritas DKI Jakarta
Warga menunjukkan e-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, proses pencetakan tujuh juta keping blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), kini telah dimulai.

Begitu selesai, akan segera didistribusikan secara bertahap ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Blangko itu nantinya warga yang telah melakukan perekaman, namun sampai saat ini belum memiliki fisik e-KTP.

"Jadi kami targetkan, proses pencetakan dua bulan. Mulai Jumat (31/3) sudah bisa didistribusikan. Prioritas untuk DKI Jakarta," ujar Zudan di Jakarta, Selasa (28/3).

Menurut Zudan, sesuai data yang ada, kebutuhan untuk menutupi kekurangan blangko e-KTP di DKI Jakarta, sekitar seratus ribu keping.

Jumlah tersebut diyakini dapat dengan cepat terpenuhi, paling tidak sebelum pemungutan suara pemilihan Gubernur DKI Jakarta, 19 April mendatang.

"Untuk DKI paling cuma 100 ribu kan yang kurang. Selesai (cetak,red) bisa distribusi langsung," tutur Zudan.

Sebagaimana diketahui, pada pemungutan suara Pilkada DKI putaran pertama, 15 Februari lalu, ada sejumlah pemilih yang menggunakan hak pilih dengan menunjukkan surat keterangan (suket) yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News