BLK Komunitas Siap Cetak SDM Berakhlak dan Kompeten

BLK Komunitas Siap Cetak SDM Berakhlak dan Kompeten
Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri menghadiri peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada hari Selasa (10/9). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, TANGERANG - Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri menghadiri peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Badar di Kabupaten Tangerang, pada hari Selasa (10/9). Ia berharap BLK tersebut dapat melahirkan SDM yang berakhlak, berkarakter, dan kompeten.

“BLK Komunitas ini untuk membekali karakter, softskill sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren,” kata Menaker Hanif.

Dalam lima tahun kedepan, pemerintah akan fokus dalam pembangunan SDM. BLK Komunitas, sebut Menaker, merupakan salah satu upaya pemerintah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat.

“Agar daya saing anak muda kita di pasar kerja semakin diperhitungkan, serta membekali keterampilan berwirausaha,” kata Menaker.

Menaker menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas di pesantren diilhami oleh budaya pesantren itu sendiri.

Santri pada zaman dulu, jelas Menaker, tidak hanya menimba ilmu kepada kiai saja. Santri juga membantu aktivitas lain kiai, seperti berkebun, bercocok tanam, ataupun berdagang. Sehingga, di samping mendapat ilmu agama, santri juga mendapat pengalaman berkebun, bercocok tanam, berdagang, dsb.

Namun sejak diterapkannya sistem syahriah (biaya bulanan), santri hanya fokus belajar ilmu agama saja.

Dengan adanya program BLK Komunitas, diharapkan santri tak hanya belajar agama, namun juga mendapat bekal keterampilan. Sehingga, ketika sudah lulus dari pesantren, mereka dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha.

BLK Komunitas ini untuk membekali karakter, softskill sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News