Blok Rel Royal Plaza Mulai Dipasang

Blok Rel Royal Plaza Mulai Dipasang
Pekerja menyelesaikan pemasangan blok rel di depan Royal Plaza. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Akhirnya, kemacetan yang biasa terjadi akibat penyempitan lajur jalan di depan Royal Plaza bakal teratasi. Setelah mandek beberapa minggu, proyek pemasangan blok rel dilanjutkan. Kemarin (14/11) lempengan besi tersebut mulai dipasang di sisi rel. Dalam waktu dekat, lebar jalan di tempat tersebut bakal bertambah 12 meter.

Pengerjaan dimulai sore hari. Satu per satu blok rel disusun menutupi ruang kosong antara rel dan aspal. Pemasangan itu ditargetkan selesai semalam. Namun, setelah seluruhnya terpasang, jalan belum bisa langsung dilalui. Sebab, blok rel tersebut harus disambung dengan cara dilas. Kemudian, ruang yang tersisa bakal ditutup dengan menggunakan aspal supaya tidak ada ruang yang kosong.

"Setelah itu, masih ada beberapa prosedur yang harus dilalui. Akan dites dan diuji coba dulu apakah blok rel itu sudah aman sebelum pembatas jalan dibuka,'' jelas Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Gatut Sutiyatmoko.

Gatut juga memastikan kegiatan pemasangan blok rel itu tidak akan menganggu jadwal kereta api. Waktu pemasangan dipilih pada jam-jam kereta api jarang melintas sehingga tak membahayakan pekerja. ''Kami mengharapkan sebelum masa angkutan Natal dan tahun baru, problem kemacetan bisa teratasi,'' tutur Gatut. (din/c4/ady) 

Pengerjaan dimulai sore hari. Satu per satu blok rel disusun menutupi ruang kosong antara rel dan aspal. Pemasangan itu ditargetkan selesai semalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News