BLT Hanya untuk Penuhi Sembako

BLT Hanya untuk Penuhi Sembako
BLT Hanya untuk Penuhi Sembako
JAKARTA—Penyerapan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama ternyata paling banyak tersedot untuk kebutuhan pokok rumah tangga sasaran. Sedangkan konsumsi kebutuhan sekunder tidak ada.

"Dari hasil evaluasi kita, BLT dimanfaatkan benar-benar oleh masyarakat tidak mampu. Itu dilihat dari penggunaannya yang 100 persen untuk membeli kebutuhan pokok. Memang sih ada yang membeli kebutuhan sekunder, tapi kecil skali paling cuma satu dua orang saja," tutur Deputi Kemeneg PPN/Bappenas bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan Bambang Widianto di Jakarta.

Dijelaskannya, penggunaan dana BLT ini sama seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Merujuk data Survei Sensus Nasional Badan Pusat Statistik (Susenas BPS) penggunaan dana BLT 2005 hampir 100 persen digunakan untuk membeli beras. Selanjutnya adalah untuk biaya kesehatan, pendidikan, modal, dan bensin.

"Sisa dana BLT tahap pertama yang belum tersalurkan mencapai 14,52 persen. Sedang yang sudah terserap mencapai 85,48 persen dari total target penyaluran dana BLT tahap pertama sekitar 5,7 triliun sepanjang Juni-Agustus 2008," ungkapnya.

JAKARTA—Penyerapan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama ternyata paling banyak tersedot untuk kebutuhan pokok rumah tangga sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News