BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis di Sekitar Wilayah Ini, Tolong Siapkan Mitigasi!

BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis di Sekitar Wilayah Ini, Tolong Siapkan Mitigasi!
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Foto: Antara/H-OBMKG

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan dua siklon itu berpotensi memengaruhi cuaca di sejumlah wilayah dalam beberapa hari ke depan.

Menurut Guswanto, dua bibit siklon itu, yakni bibit siklon tropis 93W yang terpantau di Laut Sulu, Filipina dan bibit siklon tropis 95W di Samudera Pasifik utara.

Lebih lanjut, bibit siklon 93W berada di posisi 10,5 lintang utara dan 120,5 bujur timur dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 20 knots dan tekanan udara minimum 1008.6 milibar (mb) bergerak ke arah Barat-Barat Laut.

"Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang," kata Guswanto di Jakarta, Kamis (4/5).

Guswanto mengemukakan dalam 24 jam ke depan bibit siklon 93W dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

"Selain itu juga memberikan dampak tidak langsung berupa angin kencang di Kalimantan Utara," katanya.

Guswanto juga mengatakan untuk bibit siklon tropis 95W berada di 6,5 lintang utara dan 137,5 bujur timur dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1006.7 mb bergerak ke arah Barat Laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan dua bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News