BMKG Imbau Warga Sulut Mewaspadai Cuaca Ekstrem

BMKG Imbau Warga Sulut Mewaspadai Cuaca Ekstrem
Awan hujan mengguyur wilayah permukiman warga yang berada di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa. (ANTARA/Karel A Polakitan)

jpnn.com - MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau warga Sulawesi Utara (Sulut) mewaspadai cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan. "BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem tanggal 22-24 Februari 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Selasa (21/2).

Dia menyebutkan bahwa beberapa hingga sebagian besar wilayah Sulawesi Utara berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Menurut dia, pada 22 Februari cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Di hari berikutnya, 23 Februari, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sementara, pada 24 Februari, kondisi cuaca serupa diprediksi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Timur.

Karena itu, Ben berharap warga waspada ketika melakukan aktivitas di saat cuaca ekstrem, serta berhati-hati terhadap potensi bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang.

BMKG akan membantu warga memutakhirkan data dan informasi terbaru cuaca ekstrem, yang dapat diakses serta telah terverifikasi. (antara/jpnn)

BMKG mengimbau warga Sulawesi Utara (Sulut) mewaspadai cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News