BMKG Keluarkan Peringatan Dini, di Sejumlah Wilayah Ini Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, di Sejumlah Wilayah Ini Berpotensi Dilanda Hujan Lebat
BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Rabu (30/6).

Berdasarkan laman resmi BMKG.go.id sejumlah wilayah Indonesia itu adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG.

Lebih lanjut, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Wilayah yang berpotensi angin kencang ialah Nusa Tenggara Timur," katanya.

BMKG juga memperkirakan sebagian besar wilayah yang akan berawan pada Rabu siang yakni Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, dan Palembang.

Wilayah yang diperkirakan cerah berawan yakni Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Tarakan, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Kupang, dan Padang.

"Banda Aceh diperkirakan akan cerah," tulis BMKG.

Wilayah yang diperkirakan hujan ringan yakni Serang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Mataram, Mamuju, dan Medan. Wilayah yang diperkirakan hujan sedang yakni Pontianak, Ambon, Kendari, dan Manado.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Rabu (30/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News