BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang, Berikut Daftar Wilayahnya

Jumat, 25 Juni 2021 – 10:23 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang, Berikut Daftar Wilayahnya - JPNN.com
BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa daerah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa daerah.

"Seperti sebagian Sumatera dan hampir di seluruh wilayah Jawa serta sebagian Sulawesi pada hari ini," tulis laman resmi BMKG.go.id, Jumat(25/6).

Selain itu, BMKG menyebutkan beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

"Kemudian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, serta Papua," kata BMKG.

Sementara wilayah yang berpotensi yang mengalami hujan dengan intensitas lebih rendah terdapat di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Menurut BMKG, potensi pertumbuhan awan hujan meningkat di daerah sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan konvergensi.

Situasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu dan Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Konvergensi itu memanjang dari perairan selatan Jawa Barat sampai Samudera Hindia barat Lampung dan dari Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Barat.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...