BMKG Minta Wilayah Ini Waspadai Cuaca Panas Akibat Monsun Australia

BMKG Minta Wilayah Ini Waspadai Cuaca Panas Akibat Monsun Australia
Ilustrasi kekeringan. Foto: Antara/Kornelis Kaha.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca panas melanda sebagian besar daerah di Indonesia, Selasa (27/7).

Prakirawan BMKG Achmad Rifani mengatakan cuaca panas dipengaruhi angin Monsun Australia.

"Angin Monsun Australia yang membawa udara kering tampaknya masih akan mendominasi wilayah Indonesia," kata Rifani melalui tayangan virtual di laman resmi BMKG yang dipantau dari Jakarta.

Rifani mengatakan angin Monsun Australia diperkirakan bergerak ke bagian selatan Indonesia, kemudian sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

"Situasi ini menyebabkan terhambatnya potensi pertumbuhan awan, kemudian menjadikan kondisi cuaca yang cerah hingga cerah berawan," katanya.

Rifani menyebutkan situasi tersebut terjadi di sekitar Pulau Jawa dan Pulau Bali hingga Nusa Tenggara dalam beberapa hari terakhir.

"Kita harus selalu menjaga kesehatan, terutama di tengah kondisi cuaca yang panas dan juga relatif kering seperti saat ini," katanya.

Kendati demikian, potensi hujan berintensitas sedang hingga lebat diprakirakan masih terjadi di Aceh dan Kalimantan Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca panas melanda sebagian besar daerah di Indonesia, Selasa (27/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News