BMKG Pastikan Kebakaran Kilang Minyak Balongan tidak Dipengaruhi Sambaran Petir

BMKG Pastikan Kebakaran Kilang Minyak Balongan tidak Dipengaruhi Sambaran Petir
Tampak Kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu alami kebakaran hebat, Senin (29/3) dini hari. Foto: Instagram/indramayuinfo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peristiwa kebakaran yang melanda kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) dini hari tidak dipengaruhi sambaran petir.

"Berdasarkan alat monitoring lightining detector yang berlokasi di BMKG Jakarta dan BMKG Bandung dari pukul 00.00 hingga pukul 02.00 WIB bahwa tidak terdeteksi adanya aktivitas sambaran petir di wilayah kilang minyak Balongan, Indramayu," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Rahmat Triyono melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (29/3) malam.

Rahmat mengatakan kebakaran kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu sekitar pukul 00.45 WIB, telah ditindaklanjuti BMKG dengan melakukan analisis terhadap kejadian sambaran petir di sekitar lokasi.

BMKG melaksanakan monitoring aktivitas sambaran petir di seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan alat pendeteksi petir di 56 lokasi.

"Monitoring dilakukan menggunakan alat lightning detector dengan resolusi alat monitoring BMKG efektif pada radius 300 kilometer," katanya.

Alat monitoring ini terpasang di 11 stasiun BMKG dan di Pulau Jawa untuk memantau aktivitas petir dari Banten hingga Jawa Timur.

Berdasarkan hasil monitoring alat kelistrikan udara, kata Rahmat, pada saat kejadian kebakaran sekitar pukul 00.00- 02.00 WIB, menunjukkan kerapatan petir berkumpul pada bagian barat kilang minyak Balongan sejauh kurang lebih 77 kilometer, yaitu di sekitar Subang, dengan klasifikasi tingkat kerapatan petir sedang hingga tinggi.

Petir adalah kilatan listrik di udara yang disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif dan negatif.

BMKG memastikan kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jabar, tidak dipengaruhi sambaran petir. Hal itu diketahui berdasarkan peralatan detektor petir atau lightning detector.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News