BMKG Sebut Wilayah Ini Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

BMKG Sebut Wilayah Ini Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat pada Minggu (8/10). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat pada Minggu malam (8/10).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita mengingatkan agar masyarakat tetap waspada karena hujan dengan intensitas lebat tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Pantai Timur, Lereng Timur, Pegunungan, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor," kata Endah, di Medan, Minggu.

BMKG mencatat secara umum cuaca di Sumatera Utara pagi hari rata-rata cerah berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Binjai, Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Toba, Simalungun, Pematang Siantar, dan sekitarnya

"Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara," ujar Endah.

Endah mengatakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sejumlah wilayah Sumatera Utara, seperti di Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Karo, Simalungun, Binjai, Deli Serdang, dan sekitarnya.

Pada dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Dairi, Batubara, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan sekitarnya.

"Sementara suhu udara rata-rata 17 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya, 10 – 30 km/jam," ujar Endah.(antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan lebat pada Minggu (8/10)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News