BMKG Ungkap Pemicu Hujan Deras di Jabodetabek Ini

BMKG Ungkap Pemicu Hujan Deras di Jabodetabek Ini
Banjir. Foto: dok. JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hujan deras disertai angin mengguyur kawasan Jabodetabek dari sore hingga petang. Akibatnya, sejumlah genangan air muncul di ruas kota Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Kabag Humas BMKG Hary Djatmiko, fenomena hujan deras disertai kilat dan angin kencang itu terjadi usai break monsoon.

"Setelah break monsoon sekitar antara dua sampai tujuh hari, maka ada pengumpulan massa udara basah dan uap air yang relatif cukup signifikan," kata Hary dalam keterangannya, Senin (11/12).

Dia menerangkan, potensi hujan deras telah tampak sejak Minggu (10/12) kemarin.

“Kemarin sudah ada indikasi potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan sehingg indikasi potensi hujannya lebih didominasi intensitas lebat hingga sangat lebat dalan hitungan jam," papar dia.

Adapun tanda-tanda hujan itu akan turun terjadi dari pagi dan siang. Saat itu cuaca panas. Kemudian terjadi angin kencang dan petir pada sore hari.

"Jika sore hari hujan, berpotensi ada angin kencang dan petir. Kalau mendung dari pagi, kemungkinan tidak terjadi petir dan angin kencang itu," tuturnya.

Cuaca seperti ini, kata dia, bisa terjadi hingga sepekan ke depan. Terlebih di kawasan Bogor yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan.

Hujan deras dan angin kencang melanda DKI Jakarta sepanjang hari sehingga mengakibatkan banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News