BNN Ajak Warga Penanam Ganja Alih Profesi

BNN Ajak Warga Penanam Ganja Alih Profesi
BNN Ajak Warga Penanam Ganja Alih Profesi
BANDA ACEH -- Badan Narkotik Nasional (BNN) mengajak seluruh masyarakat yang menanam ganja terutama masyarakat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) untuk beralih profesi. Ajakan ini disertai tindak nyata dengan mengajarkan keterambilan kepada warga.

"Kita harus alihkan jangan tanam ganja. Nilai ekonomis ganja pun sudah jatuh dan merugikan banyak pihak terutama generasi muda," beber Deputi Pemberdayaan Masyarakat Irjen Pol V Sambudiyono, saat ditemui di Banda Aceh, Selasa. (15/5).

Ia mengatakan, pelaku penanaman ganja di hutan lindung NAD di Desa Pulo, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar adalah masyarakat Lamteuba sendiri. "Yang tanam ganja di Pulo itu orang Lamteuba sendiri, kita sudah tahu. Tapi kita harus rekrut mereka, setiap saat kita ajak. Kita ajari keterampilan seperti instalasi listrik dan bangunan. Kalu pertanian, kita alihkan ke tanaman ekonomis, seperti nilam, jabon dan kunyit," katanya.

Sambudiyono menuturkan, menanam ganja tidak memiliki hasil selain efek negatif. Karena selain merusak masyarakat, petani juga tidak memiliki keuntungan dan dihantui penangkapan. "Ganja tidak pernah ada hasilnya. Yang untung tetap sindikat mafia. Lihat aja di mana ada petani ganja yang sukses?" tanyanya.

BANDA ACEH -- Badan Narkotik Nasional (BNN) mengajak seluruh masyarakat yang menanam ganja terutama masyarakat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News