BNPB Akan Kirim 10 Ribu Masker untuk WNI di Tiongkok

BNPB Akan Kirim 10 Ribu Masker untuk WNI di Tiongkok
Tenaga medis di rumah sakit di Wuhan, China yang memakai perlengkapan khusus saat melayani pasien virus corona. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera mengirim bantuan 10 ribu lembar masker N95 untuk warga negara Indonesia (WNI), khususnya mahasiswa Indonesia yang berada di wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok telah mengisolasi sejumlah kota pascamerebaknya virus corona. Virus mematikan tersebut telah mengakibatkan puluhan jiwa meninggal dunia dan ratusan ribu lainnya terjangkit.

"Ada 10 ribu masker untuk WNI, dikirim besok (Rabu, red)," ujar Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, di Jakarta, Selasa (28/1).

Menurut Prasinta, pengiriman dilakukan sebagai respons cepat BNPB atas permohonan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing terkait berjangkitnya wabah Coronavirus di Tiongkok.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menginstruksikan KBRI Beijing membagikan masker kepada seluruh WNI di Tiongkok. Sayangnya, stok masker di negari tirai bambu tersebut mulai menipis, bahkan nyaris tak lagi tersedia hampir di semua wilayah.

Melihat kondisi yang ada, Kepala BNPB Doni Monardo memberi arahan kepada jajarannya untuk mempedomani UU Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, khususnya pasal yang mengatur bencana non-alam.

Selain itu juga Inpres No 4 tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan Dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.

Berlandaskan aturan itu maka pengiriman bantuan dapat segera dilakukan tanpa menunggu status darurat, terlebih untuk kasus seperti yang terjadi di Tiongkok.

BNPB akan mengirim 10 ribu lembar masker N95 untuk WNI dan mahasiswa Indonesia yang berada di wilayah Wuhan, Tiongkok, untuk mengantisipasi virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News