BNPT dan PPATK Fokus Putus Rantai Pendanaan Terorisme

BNPT dan PPATK Fokus Putus Rantai Pendanaan Terorisme
Suhardi Alius. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Berbagai upaya telah diambil oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam upaya melawan pendanaan terorisme dengan melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK).

Indonesia beberapa waktu lalu telah meluncurkan White Paper mengenai pemetaan risiko pembiayaan Teroris yang terkait dengan jaringan teroris domestik yang berafiliasi dengan jaringan kelompok terorisme Islamic State Iraq and Suriah (ISIS).

Hal tersebut dikatakan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius saat  menjadi salah satu narasumber dalam acara 3rd Counter-Terrorism Financing (CTF) Summit yang dilaksanakan pada di Kuala Lumpur, Malaysia, 20-23 November 2017.

BNPT dan PPATK Fokus Putus Rantai Pendanaan Terorisme

Berbicara dalam sesi Setting the Scene for the Future of TF Response in the Region yang berlangsung pada Selasa (23/11), Suhardi menyampaikan pentingnya meningkatkan kerja sama internasional dalam penanganan terorisme termasuk dalam hal penanganan pendanaan terorisme.

“Begitu risikonya dipahami dengan benar, negara-negara dapat menerapkan tindakan penanggulangan tersebut. Fokus BNPT dan PPATK adalah memutus rantai pendanaan terorisme. Jadi white paper ini adalah upaya kami untuk memecahkan rantai pendanaan terorisme dalam negeri yang berafiliasi dengan ISIS,” kata Suhardi .

Dia menambahkan, ISIS sendiri saat ini menghadapi kekalahan, seperti dapat dilihat pada tahun 2015. ISIS telah meninggalkan kota Tikrit, Irak. Lalu di Suriah, kota Palmyra dan Sinjar bisa diambil alih oleh pemerintah. Sementarara pada akhir 2015, kota Ramadi bisa dikendalikan oleh pasukan koalisi.

Sepanjang 2016 ISIS mengalami serangkaian kekalahan dengan penguasaan kota Mosul Selatan. Pada Juli 2017 aliansi Irak menguasai kota Mosul.

Berbagai upaya telah diambil oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam upaya melawan pendanaan terorisme

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News