BNPT dan Vietnam Bersinergi Ciptakan Stabilitas Keamanan di Asia Tenggara

BNPT dan Vietnam Bersinergi Ciptakan Stabilitas Keamanan di Asia Tenggara
BNPT dan Vietnam Bersinergi Ciptakan Stabilitas Keamanan di Asia Tenggara. Foto: dok. BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kementerian Keamanan Umum Repubulik Sosialils Vietnam, dalam meningkatkan stabilitas keamanan di Asia Tenggara.

Penandatanganan komitmen kerjasama tersebut dilakukan di sela-sela pertemuan bilateral yang dilakukan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc bersama delegasi di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (22/12).

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kerja sama itu menyepakati tiga Mou dalam penanggulangan terorisme.

"MoU itu mengenai kerja sama energi dan sumber daya mineral, kerja sama penanggulangan terorisme, kerja sama pemberantasan perdagangan ilegal narkotika,” ujar Jokowi.

Deputi Bidang Kerjasama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto yang mewakili Kepala BNPT mengatakan kerja sama ini momen penting dalam meningkatkan upaya penanggulangan terorisme di kawasan ASEAN.

Dia juga berharap dengan adanya perjanjian kerja sama ini akan mendorong negara lainnya di Asia Tenggara, untuk turut aktif.

"Sejauh ini Filipina dan Vietnam telah menjalin kerja sama dalam penanggulangan terorisme," ujar Andhika.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini terkait dengan pertukaran informasi, peningkatan kapasitas melalui pelatihan, seminar, workshop dan pendidikan lainnya serta berbagi pengalaman terbaik antara kedua negara. (jlo/jpnn)

BNPT dan Kementerian Keamanan Umum Repubulik Sosialils Vietnam, dalam meningkatkan stabilitasn keamanan di Asia Tenggara.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News