Bobby Nasution Tegas, Aduan Pungli Bantuan untuk Murid SD Ditindaklanjuti, Ini Perintahnya

Bobby Nasution Tegas, Aduan Pungli Bantuan untuk Murid SD Ditindaklanjuti, Ini Perintahnya
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menerima aduan soal pungli dari orang tua murid SD 060898, Rabu (16/2). Foto: Dok Prokopim Pemko Medan

jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution bersikap tegas setelah menerima aduan adanya pungutan liar alias pungli terhadap bantuan untuk murid sekolah dasar (SD).

Ada dua perintah yang langsung disampaikan Bobby menindaklanjuti pengaduan dari sejumlah orang tua murid yang menemuinya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SD Negeri 060898.

Pertama, menantu Presiden Joko Widodo itu memerintahkan kepala sekolah tersebut mengembalikan uang hasil pungli kepada orang tua murid.

"Paling lambat uang itu besok (hari ini) harus sudah dikembalikan," tegas Bobby kepada Kepala SDN 060898 di Medan Maimun, Rabu (16/2).

Bobby menerima pengaduan pungli bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari sejumlah orang tua murid di SD tersebut.

Orang tua murid penerima PIP dimintai setoran oleh pihak sekolah sebesar Rp 20 ribu - Rp 50 ribu per anak dengan alasan untuk uang transportasi.

Diketahui, dana PIP diterima oleh siswa yang terdaftar pada Kartu Indonesia Pintar (KIP), di antaranya murid SD/MI/sederajat menerima Rp 450 ribu per tahun.

"Kami tidak masalah diminta uang transportasi oleh kepala sekolah, Pak. Tidak mungkin ibu (kepala sekolah) itu tidak dikasih, karena kami mendapatkan PIP. Kami ini semua orang susah, Pak," ungkap Rini, salah seorang wali murid kepada Wali Kota Bobby Nasution.

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersikap tegas menyikapi pengaduan sejumlah orang tua murid SD soal adanya pungli dana bantuan PIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News