Bobol ATM Dekat Mapolsek

Bobol ATM Dekat Mapolsek
Bobol ATM Dekat Mapolsek

jpnn.com - MAGETAN - ATM (anjungan tunai mandiri) di Bank Jatim Unit Plaosan, Magetan, yang lokasinya hanya sekitar 100 meter dari Mapolsek Plaosan nyaris dijarah Minggu malam (27/10). Kendati sudah mampu merusak pintu pelapis dan meredam CCTV (closed circuit television), pelaku gagal menjarah uang tunai di dalam mesin ATM sebesar Rp 170 juta.

"Mungkin merasa tidak aman sehingga memilih kabur tanpa membawa jarahan," terang salah seorang karyawan Bank Jatim kemarin (28/10).

Aksi percobaan perampokan ATM itu kali pertama diketahui Dwi Ari Irawan, petugas bagian kebersihan. Dia mendapati banyak serpihan besi dan material lain saat akan membersihkan ruang ATM yang menghadap langsung ke jalan raya Plaosan-Sarangan itu. Setelah memeriksa lebih saksama, Dwi Ari Irawan memastikan mesin ATM sudah mati.

Selain itu, kotak penyim­panan nyaris lepas karena gemboknya digergaji di beberapa bagian. "Karena ada kejanggalan, akhirnya saya lapor pimpinan," ungkapnya.

Pintu pelapis berbahan kaca sudah rusak bekas dicongkel. Pelaku sengaja melepas pintu kaca itu agar leluasa bergerak. Tak ketinggalan, CCTV yang terpasang di sudut ruangan sengaja dirusak. Namun, uang tunai yang tersimpan di kotak ATM luput dari jarahan. "Kalau CCTV-nya hilang, mungkin untuk menghilangkan jejak," ujarnya.

Petugas Polsek Plaosan yang mendapat laporan langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police line. Olah TKP kemarin sengaja melibatkan tim identifikasi Polres Magetan lantaran termasuk jenis kejahatan menonjol. Petugas sengaja mengamankan memori CCTV untuk mengungkap jati diri pelaku. "Kasusnya sekarang sudah ditangani polisi," jelasnya.

Plt Kasubbag Humas Polres Magetan Iptu Iin Pelangi mengatakan, petunjuk sekecil apa pun yang didapat di TKP sedang di­kembangkan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan sejawatnya di Polres Madiun Kota lantaran diduga pelaku yang sama sebelumnya berusaha merampok di Kantor Samsat Kota Madiun.

Aksi penjarahan ATM Bank Jatim itu seolah menampar wajah polisi. Sebab, lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter dari Mapolsek Plaosan. Bahkan, anjungan tunai mandiri itu dapat dilihat cukup jelas dari teras kantor polsek. (dip/hw/JPNN)

MAGETAN - ATM (anjungan tunai mandiri) di Bank Jatim Unit Plaosan, Magetan, yang lokasinya hanya sekitar 100 meter dari Mapolsek Plaosan nyaris dijarah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News