Bocah SMP yang Urus Kakek Lumpuh dan Paman "Gila" Bercita-cita...

Bocah SMP yang Urus Kakek Lumpuh dan Paman "Gila" Bercita-cita...
Gede Darma Sumantara, 16, mengurus seorang diri kakeknya yang lumpuh. FOTO: baliexpressnews.com

jpnn.com - BULELENG - Kehidupan bocah SMP asal Buleleng Bali, Gede Darma Sumantara, 16 memang sangat memilukan. Dia seorang diri mengurusi kakeknya yang lumpuh dan pamannya yang mengalami ganguan jiwa. Selama ini, tiga orang itu hidup di rumah reyot di Banjar Dinas Alassari, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. 

Nyoman Gina, 70, kakek Darma, mengalami kelumpuhan sejak dua tahun terakhir. Sedangkan Gede Bulan Dana, 45, adalah paman Darma yang menderita gangguan jiwa sejak puluhan tahun silam.

Gede Darma Sumantara, sekarang siswa kelas IX di SMPN 4 Tejakula.

Gina hanya duduk diatas dipan dengan kasur kapuk yang sudah mulai kumal karena jarang dijemur. 

(HEBOH: Bocah SMP Sendirian Urus Kakek Lumpuh dan Paman Gangguan Jiwa)

Di atas kasur juga ada tumpukan keranjang tempat pakaian kering. Salah satu sisi tembok juga ditutup menggunakan plastik, karena setiap hujan air selalu merembes. 

Gina sebenarnya memiliki empat orang anak. Seorang anaknya tinggal di Denpasar, seorang lainnya di Manado. Selain itu ada Gede Bulan Dana, menderita gangguan jiwa. 

Nah, anak yang satu lagi sudah meninggal, sejak beberapa tahun lalu. Nah, yang meninggal itu adalah ayah Darma. “Waktu ayahnya meninggal, Darma umurnya baru dua bulan. Ibunya juga sudah menikah lagi. Dari dulu tinggal sama kakeknya saja dia,” ungkap Kadek Suparta, salah satu kerabat Gede Darma yang ditemui Baliexpressnews.com.

BULELENG - Kehidupan bocah SMP asal Buleleng Bali, Gede Darma Sumantara, 16 memang sangat memilukan. Dia seorang diri mengurusi kakeknya yang lumpuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News