Bocoran dari Jokowi Soal Calon KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono

Bocoran dari Jokowi Soal Calon KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi bocoran soal kriteria calon Kepala Staf Angkatan Laut pengganti Laksamana Yudo Margono.

Jokowi menyebut bahwa calon KSAL pengganti Yudo Margono ialah jenderal bintang tiga TNI AL

“Calonnya yang jelas bukan dari bintang satu, bukan dari bintang dua, tetapi dari bintang tiga,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

Jokowi mengatakan bahwa setelah calon KSAL ditetapkan, maka akan segera dilantik. “Nanti kalau sudah (ditetapkan calonnya) akan segera dilantik,” kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono yang sebelumnya menjabat KSAL sebagai Panglima TNI, Senin (19/12), berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91 TNI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang ditetapkan pada 19 Desember 2022.

Yudo Margono mengatakan soal penentuan sosok yang akan menggantikan posisinya sebagai KSAL sepenuhnya merupakan pilihan Presiden Jokowi.

"Tadi disampaikan Bapak Presiden (Jokowi), beliau yang punya hak prerogatif. Sudah dijelaskan bukan bintang satu, bukan bintang dua, yang jelas dari (TNI) Angkatan Laut," kata Yudo.

Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, tahun 1965 tersebut merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-33 pada 1988.

Jokowi menyebut bahwa calon KSAL pengganti Yudo Margono ialah jenderal bintang tiga TNI AL. Siapakah calon KSAL itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News