Boediono Beri Kuliah Pertahanan

Ketahanan Bisa Rapuh Karena Rongrongan dari Dalam

Boediono Beri Kuliah Pertahanan
Boediono Beri Kuliah Pertahanan
JAKARTA - Sebagai guru besar ekonomi, Wakil Presiden Boediono ternyata tak hanya pandai berbicara masalah-masalah perekonomian. Kemarin, di depan peserta program pendidikan reguler angkatan 44 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Boediono cukup fasih berbicara sistem pertahanan dan teknik perang.

Boediono menyebut dua faktor penentu ketahanan suatu bangsa atau kemenangan dalam peperangan. Pertama, adalah hardware berupa industri yang kuat dan teknologi tinggi unyuk memproduksi peralatan perang dalam waktu cepat. Juga, reorientasi ekonomi yang mengarahkan kepada infrastruktur yang menunjang peperangan. "Itu modus ekonomi perang," kata Boediono di Kantor Wapres, Jakarta, kemarin.

Selain hardware, faktor lainnya adalah software yang berupa kekuatan bangsa secara sosial, politik, dan ekonomi. "Ini penting juga, bahkan untuk ciri-ciri peperangan atau konflik tertentu, ini yang menentukan," kata Guru Besar FE UGM tersebut.

Wapres mengatakan, Indonesia juga harus terus memperkuat hardware dan software yang memperkuat ketahanan negara tersebut. Indonesia juga harus memperhatikan tantangan dari dalam. "Seringkali kita melupakan bahwa ketahanan suatu bangsa, suatu negara, bisa dirongrong dari dalam, bukan dari luar," kata Boediono.

JAKARTA - Sebagai guru besar ekonomi, Wakil Presiden Boediono ternyata tak hanya pandai berbicara masalah-masalah perekonomian. Kemarin, di depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News