Bogasari Dukung Anak Muda Berwirausaha

Bogasari Dukung Anak Muda Berwirausaha
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus terus mendapat dukungan. Hal itu yang menjadi tujuan utama PT Indofood Tbk Divisi Bogasari saat menyelenggarakan kegiatan Bogasari Young Foodpreneur Challenge 2018. 

Vice President Commercial Bogasari Ivo Ariawan Budiprabawa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kompetisi bisnis di bidang industri makanan berbasis terigu. "Kami ingin dorong semangat entrepreneur dan perkembangan food start-up business di kalangan anak muda," ujarnya kemarin (30/11).

Kegiatan yang digelar tiga hari itu menampilkan produk dari peserta food start-up. Ada 25 peserta yang terpilih mengikuti expo dari total 100 pendaftar. Selain food start-up, ada kegiatan bisnis ideasi dan lomba cipta kreasi resep yang ditujukan untuk siswa SMA dan SMK. 

Pihaknya menargetkan para young foodpreneur itu ke depan bisa menjadi mitra Bogasari. Saat ini hampir 3.000 UKM mitra Bogasari yang terdaftar di Bogasari Mitra Card berusia di bawah 35 tahun. "Mayoritas pasar kami masih domestik. Ke depan, sejalan dengan pengembangan infrastruktur yang bisa menekan biaya logistik, kami akan meningkatkan distribusi ke luar Jawa, khususnya Indonesia Timur. Misalnya, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua," jelasnya.

Tahun ini industri tepung terigu diperkirakan tumbuh 4-5 persen. "Bogasari kami perkirakan di sekitar itu juga," tandasnya. Untuk mempertahankan market, pihaknya juga gencar mengeluarkan produk baru. Pabrikan mengembangkan lini produksi baru yang mengarah ke kesehatan, yaitu produk dengan serat tinggi. "Pada 2019, kami mengharapkan industri bisa tumbuh 5 persen. Kami akan ikuti pertumbuhan industri," ungkapnya.

Commercial Division Bogasari Division PT Indofood Sukses Makmur Sisca Hildasari menambahkan, secara nasional, jumlah kemitraan mencapai 40 ribu. Sementara di Indonesia Timur sebanyak 17 ribu mitra dan Surabaya tercatat 6.500 mitra. "Setelah event ini, kami berharap agar para peserta bisa bergabung menjadi mitra," katanya. (res/c4/oki)

Saat ini hampir 3.000 UKM mitra Bogasari yang terdaftar di Bogasari Mitra Card berusia di bawah 35 tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News