JPNN.com

Boko Haram Hancurkan Dua Kota Nigeria

Jumat, 16 Januari 2015 – 05:55 WIB Boko Haram Hancurkan Dua Kota Nigeria - JPNN.com

JOHANNESBURG - Aksi kelompok Boko Haram makin ngeri. Dua kota di Nigeria dihancurleburkan.

Selama enam tahun menebarkan teror di republik Afrika Barat, militan yang menentang keras ajaran Barat itu tidak hanya menciutkan nyali warga lewat serangan mematikan mereka. Tetapi, Boko Haram juga merusak rumah dan properti masyarakat.
 
Kemarin (15/1) Amnesti Internasional (AI) merilis citra satelit yang menunjukkan kerusakan parah di Kota Baga dan Kota Doron Baga di Negara Bagian Borno. Dalam hitungan hari, nyaris tidak ada yang tersisa dari dua kota di bawah cengkeraman Boko Haram tersebut.

"Lebih dari 3.700 bangunan rusak atau hancur dan rata dengan tanah," terang lembaga HAM internasional itu.
 
Dalam gambar yang disebarluaskan media kemarin, terlihat penampakan Baga dan Doron Baga dari angkasa. Berdasar citra satelit pada 2 Januari, tampak jelas ruas jalan, pepohonan, dan bangunan yang berjajar di dua kota di tepi Danau Chad.

Pemandangan yang jauh berbeda terlihat pada citra satelit yang bertanggal 7 Januari. Yakni, setelah Boko Haram melancarkan serangannya ke kota-kota tersebut.

"Boko Haram mengambil alih pangkalan militer Doron Baga pada 3 Januari dan menewaskan ratusan warga sipil dalam serangan yang berlangsung selama beberapa hari kemudian," kata seorang saksi mata yang tidak mau menyebutkan namanya.
 
Keterangan yang sama diungkapkan beberapa warga sipil lain. Kepada AI, para saksi mata dan pejabat setempat mengungkapkan bahwa Boko Haram menembaki warga sipil dengan sadis.

"Kerusakan yang mereka timbulkan setara dengan dampak bencana, benar-benar parah," ujar jubir AI. Total, ada 620 bangunan yang rusak parah dan hancur di Baga. Di Doron Baga, jumlah bangunan yang rusak dan rata dengan tanah berkisar 3.100.

Selain menghancurleburkan Baga dan Doron Baga, Boko Haram merenggut sekitar 2.000 nyawa warga sipil dalam aksinya pekan lalu tersebut.
 
Selain AI, citra satelit yang menggambarkan kehancuran Baga dan Doron Baga dirilis Human Rights Watch (HRW). Lembaga pengawas HAM yang bermarkas di Kota New York, Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS), itu mengecam aksi Boko Haram tersebut.

"Sekitar 11 persen wilayah Baga hancur. Lantas, kehancuran wilayah Doron Baga berkisar 57 persen," papar HRW.
 
Lebih lanjut, HRW menyatakan bahwa penyebab rusaknya bangunan dan properti warga Baga dan Doron Baga adalah kebakaran. Sangat mungkin, kebakaran itu dipicu tembakan atau bahan peledak milik Boko Haram.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...