Bolehkah Penderita Asam Lambung Mengonsumsi Buah Naga?

Bolehkah Penderita Asam Lambung Mengonsumsi Buah Naga?
Buah Naga. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Penyakit asam lambung menuntut penderitanya untuk cermat dalam memilih makanan. Tidak hanya harus menghindari makanan pedas dan berlemak tinggi, penderita asam lambung juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi asupan dengan asam.

Lantas, bagaimana dengan buah, misalnya buah naga? Apakah medis memperbolehkan penderita asam lambung makan buah naga?

Menilik Kandungan Gizi dalam Buah Naga

Buah naga juga mengandung ragam gizi penting yang dapat bantu menjaga fungsi tubuh. dr. Arina Heidyana juga mengatakan, buah naga mengandung antioksidan yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

“Buah naga mengandung belatanin yang dapat melindungi kolesterol jahat (LDL) agar tidak teroksidasi. Lalu, ada kandungan Hydroxycinnamates yang merupakan kelompok senyawa antikanker,” kata dr. Arina.

“Buah naga juga mengandung flavonoid yang merupakan kelompok antioksidan. Berkatnya, buah naga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kerja otak,” sambungnya.

Lalu amankah penderita Asam Lambung Makan Buah Naga?

“Semua kandungan dalam buah naga bisa menciptakan rasa asam yang mungkin memengaruhi kondisi asam lambung. Jadi, tidak hanya terasa manis, buah ini juga mengandung asam yang perlu diperhatikan,” ujar dr. Arina.

Buah naga dikabarkan kurang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung, benarkah anggapan itu?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News