Boni Hargens: Kalau Urusan Ini, TNI Sudah Ahlinya

Boni Hargens: Kalau Urusan Ini, TNI Sudah Ahlinya
Analis Politik sekaligus Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens. Foto: ANTARA/Foto: Feru Lantara

jpnn.com, JAKARTA - Analis Politik sekaligus Direktur Lembaga Pemilih Indonesia, Boni Hargens menyampaikan sejumlah kriteria calon Panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Menurut Boni, kriteria pertama adalah sosok yang sejalan dengan cita-cita politik Presiden Jokowi.

“Saya tidak bilang lagi soal loyal pada Pancasila dan UUD 1945 karena TNI sudah ahlinya urusan itu. Mereka yang paling loyal kalau urusan ideologi negara dan konstitusi. Periode pemerintahan Pak Jokowi adalah momentum untuk pembaruan di segala dimensi. Maka, perlu dukungan institusi militer untuk menjamin keamanan dalam segala aspek,” kata Boni Hargens dalam keterangan persnya, Selasa (16/6) malam.

Lebih lanjut, Boni mengatakan kriteria kedua adalah panglima TNI baru mesti sosok yang dapat diterima di internal institusi militer dan dapat membangun solidaritas antarangkatan di dalam tubuh TNI.

Kriteria ketiga, menurut Boni, Panglima TNI yang baru harus memiliki pemahaman yang komprehensif dan kemampuan bertindak cepat dalam memerangi bentuk-bentuk ancaman yang mengganggu keutuhan NKRI, Pancasila, dan UUD 1945, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. 

“Perang zaman sekarang sudah berpindah dari medan tempur fisik ke ruang yang tak kelihatan. Polanya asimetris dan selalu acak. Musuh kita tak kelihatan tetapi terasa dan mereka ada. Maka, TNI sebagai garda terdepan pengamanan negara harus dipimpin oleh panglima yang memiliki pemahaman tentang semua itu,” katanya.

Lebih lanjut, Boni mengatakan kriteria keempat yakni panglima TNI yang baru mesti memiliki kemampuan inovasi yang memadai dalam konteks melanjutkan upaya profesionalisasi militer yang sudah sukses berjalan setelah 1998.

Menurutnya, militer Indonesia sudah canggih dalam ilmu perang, dan kita yakin justru akan makin canggih dalam semua cabang ilmu pengetahuan.

Boni Hargens menyampaikan sejumlah kriteria calon Panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News