Borobudur Dipoles, Joglosemar Genjot Akses

Borobudur Dipoles, Joglosemar Genjot Akses
Borobudur. Foto: Radar Kedu/JPNN

jpnn.com, MAGELANG - Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya menggenjot kawasan Borobudur dan sekitarnya yang termasuk wilayah Jogja-Solo-Semarang atau Joglosemar. Kawasan Joglosemar tidak hanya kaya dengan destinasi bersejarah, tapi juga memiliki banyak panorama indah.

Person in charge (PIC) Borobudur dari Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Prioritas Kemenpar, Larasati Sedyaningsih mengatakan, upaya mengembangkan kawasan Joglosemar adalah dengan menggenjot akses. Salah satu jurusnya adalah koneksi di antara Joglosemar.

Setidaknya ada tiga bandara di kawasan Joglosemar. Yakni Adi Soemarmo di Boyolali, Adi Soetjipto di Yogyakarta dan A Yani di Semarang.

Khusus Adi Soemarmo, lokasinya memang di luar Kota Solo. Karenanya, kini ada rencana pembangunan jalur kereta dari Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan. “Tahun ini feasibility study dan DED (detail engineering design, red) rel kereta api dari Bandara Solo ke Stasiun Solo Balapan akan dimulai,” ujar Laras.

Selain itu, akan ada reaktivasi jalur KA Yogyakarta-Magelang. Rencana itu juga akan memasuki tahap DED pada tahun ini.

Di samping kereta api, ada pula jalur tol Semarang-Solo. Saat ini pembebasan lahan tol ruas Bawen-Salatiga sudah mencapai 95,23 persen. “Tol ini akan menyambung ke Solo,” sambungnya.

Untuk amenitas, kawasan Borobudur dan sekitarnya punya banyak pilihan. Bahkan sudah ada Rancangan Peraturan Presiden tentang Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur. Rancangan Perpres itu tinggal menunggu tandan tangan Presiden Joko Widodo.

Tak jauh dari Borobudur ada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dikenal memiliki banyak objek wisata. Khusus Kabupaten Gunungkidul di DIY juga dikenal memiliki banyak pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Jungwok di Jebigu, Girisubo.

Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya menggenjot kawasan Borobudur dan sekitarnya yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News