Bos Narkoba Terkaya Kabur dari Penjara Superketat lewat Terowongan Ini

Bos Narkoba Terkaya Kabur dari Penjara Superketat lewat Terowongan Ini
Jaksa Meksiko Jenderal Arely Gomez Gonzalez (dua dari kanan) melihat ke terowongan yang menghubungkan ke penjara federal Altiplano yang dipakai Joaquin 'El Chapo' Guzman untuk kabur.(Reuters/PGR)

jpnn.com - ALMOLOYA DE JUAREZ – Joaquin Guzman alias El Chapo kabur dari penjara berpengamanan maksimum pada Sabtu malam lalu (11/7).

Meksiko langsung siaga satu. Penjagaan di bandara dan perbatasan diperketat. Ratusan polisi dan serdadu mendadak berkeliaran di seluruh sudut negeri berpenduduk 121,7 juta jiwa tersebut.

Sudah dua kali Guzman melarikan diri dari penjara paling aman di Meksiko. Kali pertama dia kabur pada 2001, seluruh aparat keamanan dibuat sibuk. Vicente Fox yang saat itu menjabat presiden sampai kewalahan. Bahkan, sampai dia lengser pada 2006 pun, Guzman belum berhasil dibekuk. Felipe Calderon yang menggantikan posisi Fox juga tidak mampu menangkap bos kartel bius Sinaloa itu.

Guzman baru tertangkap saat Meksiko berada di bawah pimpinan Presiden Enrique Pena Nieto pada 2014. Ketika itu dunia mengapresiasi kinerja pemimpin 48 tahun tersebut. Sebab, dia bisa mengembalikan gembong narkoba paling disegani di seluruh Meksiko itu ke balik jeruji besi. Tapi, ternyata Guzman kembali membuktikan kesaktiannya dengan kabur untuk kali kedua akhir pekan lalu.

”Kaburnya Guzman adalah bentuk penghinaan terhadap negara,” tegas Pena Nieto, yang sedang berkunjung ke Prancis. Senin (13/7) dia memerintahkan kepolisian nasional untuk melakukan perburuan besar-besaran terhadap Guzman.

Dia juga meminta aparat menyelidiki insiden kaburnya Guzman dengan serius. Kuat dugaan orang nomor satu Sinaloa itu kabur atas bantuan banyak pihak.

Setelah tertangkap lagi pada 2014, Guzman menjadi narapidana istimewa di Penjara Altiplano. Di penjara berpenjagaan superketat dengan pengamanan berlapis itu, pria yang pernah menjadi buron selama sekitar 13 tahun tersebut ditempatkan di sel khusus.

Kamera pengintai sengaja dipasang di sel tersebut untuk mengawasi gerak-gerik si narapidana selama 24 jam, kecuali aktivitas di toilet.

ALMOLOYA DE JUAREZ – Joaquin Guzman alias El Chapo kabur dari penjara berpengamanan maksimum pada Sabtu malam lalu (11/7). Meksiko langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News