JPNN.com

Bosan Makan Nasi? Coba Ganti dengan 4 Karbohidrat Ini

Rabu, 17 Oktober 2018 – 04:30 WIB Bosan Makan Nasi? Coba Ganti dengan 4 Karbohidrat Ini - JPNN.com

jpnn.com - “Belum makan namanya kalau belum kena nasi.” Ya, kira-kira begitulah kata sebagian masyarakat Indonesia jika ditanya sudah makan atau belum. Padahal, sebelumnya sudah makan kue ukuran besar dan minum segelas susu kocok.

Tapi ada pula kalangan yang malah bosan menyantap nasi untuk dijadikan makanan pokok. Mereka akhirnya mengganti nasi dengan mi, roti, pasta, pokoknya khas makanan luar negeri.

Padahal, Nusantara juga punya sumber karbohidrat lain yang tak kalah lezat dan bergizi. Mencarinya pun tak sulit dan harganya terbilang murah. Nah, ingin tahu apa saja sumber karbohidrat yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Ubi jalar

Dilansir BBC Good Food, ubi jalar merupakan sayuran akar yang manis. Makanan tersebut memiliki kulit tipis berwarna cokelat dan daging berwarna putih, oranye, ungu, dan kuning. Dan, Anda bisa mengonsumsinya dengan atau tanpa kulit.

Ubi jalar adalah makanan kaya serat yang mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk besi, kalsium, selenium, vitamin B, dan vitamin C. Ubi jalar juga tinggi kadar antioksidan (beta-karoten), yang bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin dalam sekali makan.

Meski tak ada superfood tunggal yang benar-benar bisa mencegah kanker, namun dengan mengonsumsi makanan berantioksidan seperti ubi, setidaknya bisa mengurangi risiko terkena kanker. Pasalnya, sebuah penelitian melaporkan bahwa kulit ubi, terutama kulit ubi ungu, dapat membantu mengurangi proses oksidasi dalam tubuh.

Sementara itu, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi daun ubi jalar bisa memberikan perlindungan potensial dari kanker paru-paru. Tak hanya baik untuk mengurangi risiko kanker, ubi jalar juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna karena kandungan serat dan fitosterolnya yang tinggi.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...