Boyamin: Ketika Kapolresnya Dicopot, Kapolda Juga Harus Diganti

Boyamin: Ketika Kapolresnya Dicopot, Kapolda Juga Harus Diganti
Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesi (MAKI) Boyamin Saiman menyebut sosok Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran harus bertanggung jawab dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau J.

Menurut Boyamin, Fadil memiliki tugas untuk melakukan supervisi keapada Kombes Budhi Herdi Susianto yang saat itu bertindak sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan untuk menyelidiki kasus kematian Brigadir J.

"Ketika ada peristiwa terkait Yosua itu, bahkan diduga (ada) menghalang-halangi penyidikan, prosesnya yang di Polres Metro Jakarta Selatan ada supervisi dari Polda (Metro Jaya) juga. Termasuk dari Wadirkrimum Jerry Siagian," kata Boyamin dalam siaran persnya, Senin (21/11).

Ketika kasus kematian Brigadir J pertama kali mencuat ke publik, Kombes Budhi mengumumkannya sebagai peristiwa tembak menembak antara almarhum korban dengan Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

Beberapa waktu kemudian peristiwa yang disampaikan Budhi itu ternyata merupakan serangkaian rekayasa yang disusun Ferdy Sambo hingga mengakibatkan perwira menengah Polri itu dicopot dari jabatannya.

Menurut Boyamin, peristiwa hukum yang menimpa Kombes Budhi punya kesamaan dengan tragedi Kanjuruhan. AKBP Ferli Hidayat yang saat itu menjabat Kapolres Malang dituntut bersalah atas tragedi maut tersebut.

Tak lama, Irjen Nico Afinta juga dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur. Hal itu, menurut Boyamin, merupakan bentuk pertanggungjawaban karena Polres Malang yang bertugas di lokasi kejadian mendapat supervisi dari Polda Jawa Timur.

"Berkaca dari kasus Malang (Kanjuruhan) itu kan Kapolda Jawa Timur dicopot," kata Boyamin.

Boyamin Saim,an meminta Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran turut dicopot karena harus bertanggung jawab dalam kasus kematian Brigadir J.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News