Boyolali Siap Amankan Pasokan Sayuran Selama Ramadan dan Lebaran

Boyolali Siap Amankan Pasokan Sayuran Selama Ramadan dan Lebaran
Kabupaten Boyolali siap memenuhi pasukan sayuran selama Ramadan dan Lebaran. Foto/ilustrasi: Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Kabupaten Boyolali yang merupakan salah satu sentra produksi susu di Jawa Tengah, ternyata menyimpan potensi buah dan sayur yang menjanjikan.

Kabupaten yang terletak di kaki gunung Merapi dan Merbab ini memiliki kondisi agroklimat yang mendukung untuk budidaya komoditas hortikultura.  

ujar Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali Supardi mengatakan saat ini total lebih dari 9.674 hektare lahan digunakan untuk budi daya komoditas hortikultura.

"Mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai, kentang, sawi, kubis, labu siam, bayam dan tomat dengan potensi wilayah mencapai 101.501 hektare,” kata Supardi.

Berdasarkan data yang dimiliki sampai dengan April 2021, lanjut Supardi, maka ketersediaan sayuran aman selama Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri.

Menurutnya, tercatat estimasi kebutuhan sayuran hanya 1.155 ton sedangkan ketersediaan sayuran yang ada sebanyak 5.932 ton.

“Sehingga produksi sayuran dapat dikirim ke kabupaten sekitar," katanya.

Dia menambahkan tingginya produksi sayuran daun di Boyolali didukung jaringan pemasaran luas dan didukung prasarana pasar yang besar untuk memenuhi permintaan di kota sekitar seperti Solo, Yogyakarta dan Semarang.

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memastikan siap mengamankan pasokan sayuran selama Ramadan dan Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News