Mentan Jamin Stok 12 Komoditas Pangan Pokok Aman selama Puasa dan Lebaran

Mentan Jamin Stok 12 Komoditas Pangan Pokok Aman selama Puasa dan Lebaran
Mentan Syahrul Yasin Limpo menjamin 12 pangan strategis aman. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahril Yasin Limpo (SYL) menjamin ketersediaan 12 komoditas pangan pokok strategis nasional aman untuk menghadapi puasa dan lebaran 2021.

"12 komoditas yang ada aman dan dalam kendali penuh," kata Syahrul Yasin Limpo dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian (Kementan), sebanyak 12 komoditas pangan tersebut adalah beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

SYL menyebutkan memberi perhatian serius pada ketersediaan bahan pokok selama puasa dan lebaran. Hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, lanjut dia, Presiden Jokowi menekankan pentingnya stabilisasi dan jaminan harga beragam bahan pangan pokok saat membuka Rakernas Kementerian Perdagangan pada 4 Maret lalu.

"Kementan akan tetap berkomitmen menjagai ketersediaan pangan menjelang bulan Ramadan dan hari besar keagamaan Idul Fitri," tegas Syahrul.

Kendati demikian, dia menyebut, untuk menjaga ketersediaan pangan, ada beberapa komoditas yang perlu didatangkan dari luar negeri seperti kedelai, bawang putih, daging sapi/kerbau, dan gula pasir. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Pemerintah menjamin ketersediaan 12 komoditas pangan pokok strategis nasional aman.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News