BP Batam Pastikan Segera Benahi Pelabuhan Batuampar

BP Batam Pastikan Segera Benahi Pelabuhan Batuampar
Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepri. Foto: Batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - BP Batam memastikan akan menjalankan perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membenahi Pelabuhan Batuampar dalam waktu secepatnya.

Langkah awal pembenahan akan dilakukan dalam upaya mengurangi ongkos logistik. Caranya adalah dengan menambah peralatan berupa Harbour Mobile Crane (HMC) untuk mempercepat proses pemasukan kontainer ke pelabuhan.

"HMC merupakan solusi awal. Kami akan segera membuka kerja sama dengan perusahaan yang memiliki HMC agar segera mengoperasikannya di Pelabuhan Batuampar," ujar General Manager (GM) Komersil dan Pengembangan Usaha Kantor Pelabuhan BP Batam, Johan Effendy, seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

HMC adalah alat berat berukuran raksasa yang terdiri dari kerangka bahu yang dilengkapi tali penarik dan digerakkan oleh mesin di atas roda ban yang bisa berpindah-pindah di sekitar area pelabuhan.

Johan mengatakan bahwa dengan melengkapi pelabuhan dengan HMC akan mempercepat proses pemasukan barang. Selama ini, prosesnya cukup lambat. Dengan kapasitas yang ada, maka pelabuhan Batuampar hanya dapat memuat enam kontainer per jam.

"Dengan adanya alat ini, maka per jamnya bisa lebih lagi," katanya.

Berikutnya adalah perluasan container yard. Dengan menambah ruang untuk kontainer yang masuk, maka bisa mengurangi ongkos logistik.

Pada umumnya, pemilik barang menyewa kontainer dari Singapura baru kemudian memasukkannya ke Batam. Karena kurangnya kapasitas pelabuhan, maka setelah dipakai, kontainer pun kembali ke Singapura. Ini memakan banyak waktu dan biaya tentunya.

BP Batam memastikan akan menjalankan perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membenahi Pelabuhan Batuampar dalam waktu secepatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News