BPIH Memang Sulit Diturunkan, tapi Dana Haji Bisa Dioptimalkan

BPIH Memang Sulit Diturunkan, tapi Dana Haji Bisa Dioptimalkan
Para calon jemaah haji saat memasuki pesawat Garuda Indonesia. Foto dok Humas Garuda Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Komisi VIII DPR Saleh P Daulay mengingatkan pemerintah agar benar-benar bisa mengelola dana haji secara baik. Harapannya, pengelolaan yang baik bisa membuat Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) makin terjangkau.

Saleh menuturkan, upaya menurunkan BPIH memang bukan hal mudah. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu lantas menceritakan pengalamannya ketika Komisi VIII DPR yang membidangi urusan sosial dan keagamaan itu.

“Kami di Komisi VIII dulu sebenarnya berperan sangat krusial untuk membuat BPIH lebih terjangkau dan dana haji dikelola dengan benar dan efisien. Dan kami ngotot benar agarvBPIH diturunkan,” ujar Saleh dalam diskusi tentang Pengelolaan Dana Haji di Jakarta, Rabu (2/8).

Legislator asal Sumatera Utara itu menuturkan, dahulu sebagai ketua Komisi VIII DPR sengaja memfasilitasi anggota-anggotanya untuk mendebat usulan Kementerian Agama tentang besaran BPIH. Bahkan, rapat kerja di Komisi VIII DPR untuk memutuskan BPIH molor sampai jam empat pagi.

BPIH Memang Sulit Diturunkan, tapi Dana Haji Bisa Dioptimalkan

Saleh P Daulay. Foto: dokumen JPNN.Com

“Kami di Komisi VIII saat itu memaki jurus pokoke (pokonya, red). Pokoke BPIH harus turun,” ujar politikus yang kini memimpin Komisi IX DPR itu.

Akhirnya Kemenang menyerah. BPIH pun turun dari USD 2.717 pada 2015, menjadi USD 2.585 untuk musim haji 2016. “Jadi turun USD 132,” sebutnya.

Mantan Ketua Komisi VIII DPR Saleh P Daulay mengingatkan pemerintah agar benar-benar bisa mengelola dana haji secara baik. Harapannya, pengelolaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News