BPK Punya Kabar Baik, Membanggakan

BPK Punya Kabar Baik, Membanggakan
Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) laporan keuangan 2020 melebihi target. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna mengatakan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) laporan keuangan 2020 melebihi target.

Menurutnya, BPK mematok target pada kegiatan prioritas reformasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pusat 2020.

Adapun jumlah laporan keuangan 2020 yang memperoleh opini WTP adalah sebanyak 85 dari 87 laporan keuangan atau 98 persen.

Angka itu, lanjut dia, melebihi target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 sebesar 91 persen.

"Capaian ini juga merupakan hasil usaha pemerintah dan kontribusi BPK dalam mendorong terwujudnya tata kelola dan tanggung jawab keuangan negara yang efektif, akuntabel, dan transparan sesuai dengan poin ke-16 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” kata Agung dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I 2021 megungkapkan hasil pemeriksaan BPK atas 86 Laporan Keuangan Kementerian Lembaga dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara 2020.

Berdasarkan IHPS I 2021 84 laporan keuangan memperoleh opini WTP dan 2 laporan keuangan memperoleh opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Selain itu, laporan keuangan BPK 2020 yang diperiksa oleh kantor akuntan publik juga mendapatkan opini WTP, sehingga totalnya terdapat 86 laporan keuangan menerima WTP.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) laporan keuangan 2020 melebihi target.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News