BPLS Diminta Fokus Tanggulangi Lumpur Saja

Kritik Anggota Dewan Terkait Pagu Anggaran

BPLS Diminta Fokus Tanggulangi Lumpur Saja
BPLS Diminta Fokus Tanggulangi Lumpur Saja
JAKARTA - Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) diminta untuk tidak menyibukkan diri dengan perbaikan infrastruktur di jalan relokasi korban bencana Lapindo. Sebaliknya, institusi ini disarankan harus fokus saja ke penanggulangan lumpur yang terus meluap.

"Anggaran yang ada jangan dibuang-buang ke infrastruktur. Biarkan Kementerian PU yang garap, agar kerja BPLS lebih fokus," kata Sri Sadarestu, anggota Komisi V DPR RI, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan pejabat eselon I di jajaran BMKG, Basarnas dan BPLS, di Gedung Senayan, Selasa (28/9).

Politisi PDIP ini menilai bahwa anggaran BPLS sebagian besar bukan diperuntukkan bagi penanggulangan lumpur Lapindo, tetapi ke hal-hal yang bersifat manajerial. "Masa, yang inti malah anggarannya lebih sedikit. Harusnya penanggulangan lumpurnya itu yang ditonjolkan," ucapnya.

Tercatat, dalam pagu indikatifnya, BPLS mendapatkan anggaran sekitar Rp 23,838 triliun untuk tahun anggaran (TA) 2011. Dana itu disebutkan untuk membiayai dua program utama. "Kegiatan pertama untuk dukungan manajemen sebesar Rp 22,575 triliun. Program kedua (adalah) penanggulangan lumpur Sidoarjo Rp 1,263 triliun," ungkap Sekretaris BPLS, Adi Sarwoko.

JAKARTA - Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) diminta untuk tidak menyibukkan diri dengan perbaikan infrastruktur di jalan relokasi korban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News