BPOM Pastikan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV 547 Aman

BPOM Pastikan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV 547 Aman
Seorang vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan vaksin AstraZeneca batch CTMAV 547 telah memenuhi syarat mutu sehingga aman digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan Kemenkes menyambut baik hasil pengujian vaksin AstraZeneca tersebut.

"Dengan hasil ini maka penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca bets CTMAV 547 dalam program vaksinasi nasional Covid-19 bisa kembali dilanjutkan,” kata Nadia, Kamis (27/5).

Nadia menegaskan pemerintah berupaya menghadirkan vaksin terbaik yang bermutu dan efektif.

Sebab, lanjut Nadia, program vaksinasi nasional bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat terhadap ancaman Covid-19.

"Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang paling banyak digunakan di dunia," ujarnya.

Untuk diketahui, distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV 547 sempat dihentikan sejak 16 Mei 2021 lalu.

Hal tersebut dilakukan untuk kepentingan investigasi dan pengujian oleh Badan POM terhadap keamanan dan efektivitas vaksin terhadap Covid-19. (mcr9/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BPOM memutuskan vaksin AstraZeneca batch CTMAV 547 telah memenuhi syarat mutu sehingga aman digunakan dalam program vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News