BPOM Terima 92 Laporan Komnas PP-KIPI terkait Vaksin Covid 19, Ini Hasilnya

Kamis, 15 April 2021 – 20:14 WIB
BPOM Terima 92 Laporan Komnas PP-KIPI terkait Vaksin Covid 19, Ini Hasilnya - JPNN.com
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia menjadi negara tertinggi keempat di dunia dalam jumlah dosis vaksin covid 19 yang diberikan kepada masyarakat. Posisi ini berada di bawah setelah Brazil, Turki, dan Jerman selain negara produsen vaksin.

Hal itu disampaikan Plt Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif BPOM Rita Endang saat mengumumkan laporan Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Sosial per 13 April 2021.

"Program vaksinasi covid 19 di Indonesia telah mencapai 15,8 juta dosis," kata Endang, Kamis (15/4).

Menurut Endang, dari total jumlah itu, Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP-KIPI) telah menerima 92 laporan KIPI serius dari 24 provinsi selama periode 13 Januari hingga 26 Februari 2021.

Berdasarkan kajian Komnas PP-KIPI tersebut, tidak ditemukan keterkaitan antara kejadian yang dilaporkan dengan produk vaksin dan prosedur vaksinasi Covid 19 yang diberikan pemerintah selama ini.

"Hingga saat ini, tidak ada permintaan kepada Badan POM untuk melakukan sampling dan pengujian vaksin terkait dengan KIPI yang dilaporkan," tegas Rita. (mcr9/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...