BPP LTP Hadir untuk Kemandirian dan Daya Saing Tanah Papua

BPP LTP Hadir untuk Kemandirian dan Daya Saing Tanah Papua
Pelantikan Badan Pengurus Pusat Lembaga Transformasi Papua (BPP LTP). Foto: Dok. BPP LTP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengurus Pusat Lembaga Transformasi Papua (BPP LTP) dilantik pada Minggu (8/11).

Pelantikan dilaksanakan di Taman Mini Indah Indonesia (TMII), tepatnya di Anjungan Papua.

Ketua Dewan Penasehat BPP LTP Mamberop Rumakiek mengatakan, tujuan dibentuknya lembaga tersebut untuk mempersatukan seluruh potensi warga Papua yang ada di Jakarta, untuk membangun daya saing Papua.

“Kami kumpulkan potensi-potensi yang ada, untuk membuat perubahan bagi tanah Papua. Tidak hanya dari Jakarta. Tetapi juga dari semua daerah di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Kendati dalam keterbatasan, Anggota DPD RI Dapil Papua Barat ini mengatakan harus tetap optimistis untuk melakukan cita-cita demi perubahan Papua.

“Soal letak geografis yang sangat jauh dari ibu kota, itu bukan menjadikan kita pesimis. Justru itu menjadikan semangat baru untuk membangun harapan bagi masyarakat Papua. Apalagi untuk para pelajar dan generasi muda," kata Mambe, sapaannya.

“Kita tunjukkan bahwa Papua hari ini siap untuk menghadapi tantangan globalisasi. Jadi dengan kekuatan potensi itu tadi, kita harus manfaat sebaik mungkin. Sehingga kita bisa semakin berdaya saing dan mandiri,” tegas mantan Ketua Umum PP GMKI masa bakti 2008 – 2010 ini.

Hal terpenting, lanjut Mambe, Papua tidak boleh lagi merasakan diskriminasi. Tidak boleh ada perlakuan yang tidak adil. Ini bentuk tindak kekerasan.

BPP LTP telah diinisiasi sejak tahun 2017 di Jakarta. Ketua Umum BPP LTP dijabat oleh Alexander Silas Ick.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News