BPPSDMP Kementan: Kunci Keberhasilan Pertanian Ada di SDM yang Berkualitas

BPPSDMP Kementan: Kunci Keberhasilan Pertanian Ada di SDM yang Berkualitas
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi. Foto: Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) bersama Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) menggelar Sosialisasi Kostratani di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (8/3).

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan penguatan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) sebagai pengungkit produktivitas pertanian.

“Sumber daya manusia (SDM) merupakan pengungkit peningkatan produktivitas pertanian terbesar yang mampu menyumbang 50 persen,” ujar Dedi dalam keterangannya, Senin.

Dedi menambahkan, semua negara maju pasti memiliki pertanian dan petani yang maju. Untuk itu, sangat penting peran sumber daya manusia petani dalam produktivitas pertanian.

"Peran SDM yang memberikan kontribusi pengungkit produktivitas terbesar di sektor pertanian. Misalnya di Israel yang mampu mengekspor ke mancanegara, terutama dari komoditas pertanian. Petani Israel juga mampu mengubah gurun sahara menjadi (lahan) hijau. Sekali lagi, itu karena SDM-nya,” terang Dedi.

Lanjut Dedi menerangkan, program Kostratani  selain menjadi garda terdepan pembangunan pertanian, juga bertujuan mengoptimalisasi tugas, fungsi, dan peran BPP sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan menerapkan pertanian maju, mandiri, dan modern.

"Kostratani juga mengutamakan pendekatan teknologi informasi (IT) dan mekanisasi pertanian serta menjalankan lima peran, yaitu pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agrobisnis, dan pusat pengembangan jejaring, dan kemitraan," beber Dedi.

Dedi pun mengingatkan bahwa pembangunan pertanian nasional bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat saja.

BPPSDMP Kementan terus berusaha mencetak sumber daya manusia (SDM) petani yang berkualitas. Pasalnya, SDM ini merupakan kunci kesuksesan pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News