BPPSDMP Kementan Tingkatkan Kualitas SDM Melalui SEAVEG 2021

BPPSDMP Kementan Tingkatkan Kualitas SDM Melalui SEAVEG 2021
BPPSDM Kementan meningkatkan SDM pertanian melalui SEAVEG 2021. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pertanian.

Salah satu upaya tersebut dengan menggelar International Symposium Southeast Asia Vegetables (SEAVEG) 2021.

Kegiatan yang dihadiri 200 orang dari Indonesia, Belgia, India, Jerman, Portugal, dan Taiwan, ini dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, pada 18 sampai 20 November 2021.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pihaknya fokus pada pengembangan kapasitas SDM, penerapan teknologi digital di pertanian, dan penerapan inovasi.

Kementan juga tengah mengembangkan Agriculture War Room (AWR), sebuah pusat kendali untuk monitoring dan komunikasi langsung dengan petani di lapangan dan lembaga terkait lainnya yang berada di seluruh pelosok Indonesia.

"Penggunaan teknologi informasi dan Internet of Things (loT) akan membantu para pengambil kebijakan untuk merespons permasalahan di lapangan lebih cepat dan akurat," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (18/11).

Tak hanya itu, Kementan juga melakukan transformasi digital di bidang pertanian dengan mengembangkan pemanfaatan loT (smart greenhouse), robot konstruksi, kecerdasan buatan untuk AWR, dan automatisasi pada mekanisasi pertanian seperti traktor otomatis dan robot penanam padi.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan sebagai salah satu pondasi penting dalam pembangunan pertanian di Indonesia, pengembangan SDM pertanian untuk menghasilkan tenaga profesional, independen, dan kompetitif menjadi sangat penting untuk dilakukan.

BPPSDMP Kementan berupaya meningkatkan kualitas SDM pertanian melalui SEAVEG 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News