BPS Usulkan Pembatasan BBM Saat Inflasi Rendah

BPS Usulkan Pembatasan BBM Saat Inflasi Rendah
BPS Usulkan Pembatasan BBM Saat Inflasi Rendah
JAKARTA- Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Djamal mengatakan bahwa keputusan apapun dari pemerintah terkait subsidi BBM akan berpengaruh pada inflasi. Namun BPS telah melakukan kajian resmi bila seandainya pemerintah benar-benar jadi menaikkan harga BBM.

"Kajian ini bukan pada pembatasan tapi kalau jadi dinaikkan. Setiap kenaikan langsung misalnya Rp5000, maka akan berdampak pada inflasi 0,3 persen," kata Djamal kepada wartawan di kantornya, Rabu (1/6).

Kajian ini sendiri telah diserahkan BPS kepada pemerintah. BPS menilai, perihal harga BBM akan memberikan dampak langsung dan tidak langsung pada masyarakat. Bukan hanya daya beli namun juga harga barang-barang yang terkait langsung dengan kendaraan.

"Kalau kenaikannya dilakukan secara nasional, maka berdampak pada inflasi sekitar 0,9 persen. Ini baru inflasi bila BBM saja naik, belum termasuk dampak harga-harga lainnya yang ikut naik," kata Djamal.

JAKARTA- Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Djamal mengatakan bahwa keputusan apapun dari pemerintah terkait

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News