Harga Emas Dorong Inflasi Mei

Harga Emas Dorong Inflasi Mei
Harga Emas Dorong Inflasi Mei
JAKARTA- Kenaikan harga emas dan perhiasan yang terjadi di seluruh kota se Indonesia, mendorong terjadinya inflasi yang cukup tinggi selama Mei 2011. Tercatat inflasi 0,12 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 125,81.

Dari 66 kota IHK, 51 kota mengalami inflasi dan 15 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi di Ambon dan terendah di Kediri, Denpasar dan Mataram. Sedangkan deflasi tertinggi di Tarakan dan terendah di Bandar Lampung.

"Yang menjadi penyebab inflasi itu dari harga emas. Semuanya sekarang sedang naik-naiknya. Selain beras, daging ayam dan sayur-sayuran," kata Deputi bidang statistik distribusi dan jasa BPS, Rabu (1/6) di Jakarta.

Perkembangan harga berbagai komoditas, pada umumnya selama bulan Mei 2011 menunjukkan adanya kenaikan. Inflasi sendiri masih disumbang dari kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau.

JAKARTA- Kenaikan harga emas dan perhiasan yang terjadi di seluruh kota se Indonesia, mendorong terjadinya inflasi yang cukup tinggi selama Mei 2011.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News