BPS: Waspadai Inflasi Sambut Lebaran

BPS: Waspadai Inflasi Sambut Lebaran
BPS: Waspadai Inflasi Sambut Lebaran
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai terjadinya inflasi yang tajam menyambut Lebaran 2010. Hal ini mengingat kebiasaan tahunan, di mana terjadi peningkatan permintaan barang saat menyambut Idul Fitri dan musim cuti bersama.

"Tekanan demand (permintaan)-nya biasa terjadi seminggu sebelum lebaran. Ini harus diwaspadai pada beberapa barang kebutuhan pokok. Kita bersyukur, asosiasi tepung terigu sudah menyatakan tidak akan menaikkan harga tepung hingga lebaran," kata Rusman kepada wartawan, Rabu (18/8), di kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

Disebutkan Rusman, dari prediksi awal BPS, pada bulan Agustus ini inflasi bisa sampai pada level di bawah 1 persen. BPS sendiri melakukan evaluasi pada minggu ketiga terhadap minggu kedua bulan ini, di mana harga-harga bahan kebutuhan pokok masih cenderung stabil, bahkan cenderung menurun pada beberapa item.

"Di minggu ketiga terhadap minggu kedua ini sudah ada beberapa barang yang makin turun, meski ada yang sifatnya kembali ke harga awal. Beras walaupun naik tetap normal. Daging sapi turun sedikit, daging ayam ras turun. Bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tepung terigu, tidak mengalami perubahan," jelasnya.

JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai terjadinya inflasi yang tajam menyambut Lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News