Rabu, 21 November 2018 – 23:19 WIB

Brexit - Batang Tersambung Tol, Pemerataan Kian Nyata

Jumat, 09 November 2018 – 18:08 WIB
Brexit - Batang Tersambung Tol, Pemerataan Kian Nyata - JPNN.COM

jpnn.com, TEGAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas tol dalam kunjungan kerjanya di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11). Dua ruas tol itu adalah Pejagan - Pemalang segmen Brebes Timur atau Brexit hingga Sewaka sepanjang 37,3 kilometer, serta Pemalang - Batang segmen Sewaka - Simpang Susun Pemalang sepanjang 5,4 kilometer.

Jokowi dalam sambutannya saat peresmian dua jalan tol itu mengatakan, dalam empat tahun terakhir ini konektivitas antardaerah makin terwujud. Ada infrastruktur baru yang dibangun untuk menghubungkan antara daerah.

"Konektivitas antarpulau, antarprovinsi, dan antarkabupaten/kota baik berupa pelabuhan jalan maupun bandara sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau mulai terhubung," katanya saat peresmian di Gerbang Tol Tegal.

Mantan gubernur DKI itu menjelaskan, pembangunan jalan tol tidak hanya menghubungkan satu wilayah dengan daerah lainnya. Sebab, keberadaan infrastruktur juga memunculkan titik-titik perekonomian baru.

"Sehingga kita harapkan keadilan sosial dan pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau yang kita miliki. Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar," kata mantan wali kota Surakarta ini.

Jokowi menambahkan, saat ini tol Trans Jawa sudah sepanjang 640 kilometer yang membentang dari Merak hingga Surabaya. Target total panjang Tol Trans Jawa adalah 870 kilometer.

Sisa target tol Trans Jawa masih dalam masa pengerjaan antara satu hingga dua bulan mendatang. Karena itu Jokowi menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun Kementerian BUMN memacu pembangunan infrastruktur.

"Saya rasa itu kerja-kerja yang dilakukan oleh Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dalam membangun infrastruktur khususnya jalan tol. Kita harapkan ini nantinya betul-betul bisa mempercepat distribusi barang dan jasa yang semakin lancar," kata Jokowi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar