BRI Ajak TKI jadi Investor

BRI Ajak TKI jadi Investor
BRI Ajak TKI jadi Investor

jpnn.com - JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk mendorong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk menginvestasikan dananya setelah selesai kontrak di luar negeri. Hal itu dilakukan sebagai keseriusan BRI memperhatikan nasib TKI.

Permintaan itu disampaikan pihak BRI di sela acara Halalbihalal Masyarakat Indonesia se-Korea Selatan di Incheon Sirip Dowon Sport Hall, Korea Selatan, Minggu (11/8).

"BRI akan mendampingi para TKI sejak mereka mempersiapkan keberangkatan ke Korea hingga nanti pulang ke Tanah Air setelah kontrak habis," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali melalui keterangan tertulisnya, Senin (12/8).

Dijanjikan, BRI akan memberikan fasilitas dari hulu hingga ke hilir untuk TKI di Korea Selatan. Hal itu diwujudkan dengan menyiapkan tiga langkah di bidang finansial yang sekaligus menjadikan BRI sebagai penasehat keuangan bagi para TKI.

"Ketiga langkah itu adalah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) TKI, transfer uang secara real time online dari Korea, dan membantu mengelola investasi dana mereka," ungkap Ali.

BRI juga mempersiapkan layanan bagi TKI yang sudah menjalankan usaha maupun yang akan menjadi pengusaha atau investor. Hal ini untuk mendorong agar TKI tidak menjadi konsumtif.

“Di sini BRI mengambil peran sebagai penasehat keuangan bagi para TKI melalui pengelolaan dana investasi mereka. Arahan ini dimulai sejak mereka bekerja di Korea Selatan, disarankan untuk menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung di BRI. Setelah kontrak kerja mereka selesai, tabungan mereka akan dikelola menjadi investasi," tutur Ali.

Pihak Kedutaan Besar Indonesia di Seoul kata Ali, meminta BRI memikirkan cara agar para TKI tidak konsumtif, melainkan dapat menabung sebagian gaji mereka untuk investasi. Atas permintaan itu, BRI menyiapkan produk investasi yang selama ini sudah digarap bank pelat merah itu. Salah satu yang ditawarkan yakni investasi ke waralaba. Terlebih, selama ini, BRI telah bersinergi dengan peritel Alfamart dan jaringannya.

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk mendorong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk menginvestasikan dananya setelah selesai kontrak di luar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News