BRI Optimistis Pertumbuhan Kredit Mencapai 11 Persen

BRI Optimistis Pertumbuhan Kredit Mencapai 11 Persen
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Sunarso optimistis pertumbuhan kredit perseroan mencapai 9-11 persen pada 2022. Foto: Humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Sunarso optimistis pertumbuhan kredit perseroan mencapai 9-11 persen pada 2022.

Sebab, menurutnya, konsumsi rumah tangga sudah mulai naik.

“Kenapa saya berani memasang target 9-11 persen pertumbuhan karena konsumsi rumah tangga mulai naik dan faktor yang lain adalah harga komoditas,” kata Sunarso dalam Indonesia Economic Outlook yang disiarkan CNBC Indonesia, Selasa (22/3).

Saat ini BRI memasang target pertumbuhan kredit secara keseluruhan mencapai delapan persen.

Namun, Sunarso mengakui perlu memasang target lebih tinggi sebagai bentuk antisipasi jika ada perbankan lain yang pertumbuhan kredinya tidak mencapai delapan persen.

"Pada 2022 yang merupakan tahun momentum pemulihan ekonomi, sudah sepatutnya stimulus yang selama ini diberikan oleh pemerintah untuk menyelamatkan pelaku usaha, ditarik secara perlahan. Oleh karena itu BRI mengandalkan loan growth sebagai salah satu garda terdepan untuk menumbuhkan bisnis," bebernya.

Penyandang The Best CEO CNBC Indonesia Awards 2021 itu berpendapat loan growth tidak semata-mata didorong oleh harga yang murah.

Di sisi lain, faktor yang paling berpengaruh adalah konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Sunarso optimistis pertumbuhan kredit perseroan mencapai 9-11 persen pada 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News